RSS

Berkenalan lebih dekat dengan Karbohidrat (PART I)

Selama ini kita cuma makan nasi, kentang, singkong, ubi dan semua bahan makanan sumber karbohidrat. Tapi, kita ga tau apa itu karbohidrat dan apa aja jenis dari karbohidrat. Naahhh, sekarang mizzdiet mau berbagi info soal karbohidrat nih dari klasifikasinya sampe ke sumber-sumber kabohidrat..Yukk, langsung aja dibaca, diresapi trus dikomentari kalo ada yang mau ditanya langsung ajee ama mizzdiet…dijamin gratis ko….qiqiqiqi…..


Klasifikasi Karbohidrat


Karbohidrat memegangb peranan penting dalam alam karena merupakan sumber enerrgi utaman bagi manusia dan hewan yang harganya relative murah. Semua karbohidrat berasal dari tumbuhan, melalui fotosintesis klorofil tanaman dengan bantuan sinar matahari mampu membantu membentuk karbohidrat dari karbondioksida (CO2) berasal dari udara dan air (H2O) dari tanah. Karbohidrat yang dihasilkan adalah karbohidrat sederhana glukosa.

Karbohidrat Sederhana

1.     Monosakarida

Ada 3 jenis Monosakarida, yaitu glukosa, fruktosa, galaktosa manosa dan pentosa.
a.     Glukosa
Glukosa dinamakan juga dekstrosa atau gula anggur, terdapat di alama dalam jumlah sedikit, yaitu di dalam sayur, buah, sirup jagung, sari pohon, dan bersamaan fruktosa dalam madu. Tubuh hanya dapat menggunakan glukosa dalam bentuk D (isomer dekstro). Glukosa merupakan hasil terakhir pencernaan pati, sukrosa, maltose dan laktosa pada hewan dan manusia. Glukosa dapat dimanfaatkan untuk diet tinggi energy. Tingkat kemanisan glukosa hanya separuh dari sukrosa, sehingga dapat digunakan lebih banyak untuk tingkat kemanisan yang sama.
b.     Fruktosa
Fruktosa dinamakan juga levulosa atau gula buah, adalah gula paling manis. Fruktosa terdapat dalam madu bersama glukosa, dalam buah, nectar bunga dan juga dalam sayur. Minuman ringan banyak menggunakan sirup jagung tinggi fruktosa sebagai bahan pemanis. Di dalam tubuh, fruktosa merupakan hasil pencernaan sakarosa.
c.     Galaktosa
Galaktosa tidak terdapat bebas di alam seperti halnya glukosa dan galaktosa, akan tetapi terdapt dalam tubuh sebagai hasil pencernaan laktosa.
d.     Manosa
Manosa jarang terdapat dalam makanan, di gurun pasir, seperti Israel terdapat dalam manna yang mereka olah untuk membuat roti.
e.     Pentosa
Pentosa merupakan bagian sel-sel semua bahan makanan alami. Jumlahnya sangat kecil sehingga tidak penting sebagai sumber energy.

2.     Disakarida
Ada 4 jenis disakarida, Sukrosa atau sakarosa, maltosa, laktosa dan trehalosa.
a.     Sukrosa
Sukrosa biasa dinamakan gula tebu atau gula bit. Secara komersial gula pasir yang 99% terdiri dari sukrosa dibuat dari kedua macam bahan makanan tersebut melalui prses penyulingan dan kristalisasi
b.     Maltosa
Maltosa ( gula malt ) tidak terdapat bebas di alam, maltose terbentuk pada setiap pemecahan pati, seperti yang terjadi pada tumbuh-tumbuhan bila benih atau bijian berkecambah dan didalam usus manusia pada pencernaan pati. Sukrosa juga terdapat didalam buah sayuran dan madu. Bila dicernakan atau dihidrolisis, sukrosa pecah menjadi satu unit glukosa dan satu unit fruktosa.
c.     Laktosa
Laktosa (gula susu) hanya terdapat dalam susu dan terdiri atas satu unit glukosa dan satu unit glukosa. Kadar laktosa pada susu adalah 6.8 gram/100 ml, sedangkan pada Air Susu Ibu (ASI) 4.8 gram/100 ml. Banyak orang terutama yang berkulit warna (termasuk orang Indonesia) tidak tahan terhadap susu sapi, karena kekurangan enzim lactase yang dibentuk di dalam dinding usus dan diperlukan untuk pemecahan laktosa menjadi glukosa dan galaktosa. Kekurangan lactase ini menyebabkan ketidaktahanan terhadap laktosa, Laktosa yang tidak dicerna tidak dapat diserap dan tetap tinggal dalam saluran pencernaan. Hal ini mempengaruhi jenis mikroorganisme yang tumbuh, yang menyebabkan gejala kembung, kejang perut dan diare.
d.     Trehalosa
Trehalosa seperti juga maltose, terdiri atas dua mol glukosa dan dikenal sebagai gula ja-mur. Sebanyak 15% bagian jamur terdiri dari trehalosa dan trehalosa juga terdapat dalam serangga.

3.     Gula alcohol
Ada empat jenis gula alcohol yaitu sorbitol, monitol, dulsitol, dan inositol.
a.     Sorbitol
Terdapat di dalam beberapa jenis buah dan secara komersial dibuat dari glukosa. Sorbitol banyak digunakan dalam minuman dan makanan khusus pasien diabetes seperti makanan ringan, selai dann kue.
b.     Manitol dan dulsitol
Adalah alcohol yang dibuat dari monosakarida manosa dan galaktosa. Manitol terdapat di dalam nanas, asparagus, ubi jalar, dan wortel.
c.     Inositol
Merupakan alcohol siklis yang menyerupai glukosa.

4.     Oligosakarida
Sebetulnya disakarida termasuk dalam oligosakarida, tetapi karena peranannya dalam gizi sangat penting maka dibahas secara terpisah. Rafinosa, stakiosa dan verbaskosa adalah oligosakarida yang terdiri atas unit-unit glukosa, fruktosa dan galaktosa.
Frukton adalah sekelompok oligo dan polisakarida yang terdiri atas beberapa unit fruktosa yang terikat dengan satu molekul glukosa.

Karbohidrat Kompleks
1.     Polisakarida
Jenis polisakarida yang paling penting dalam zat gizi adalah pati, dekstrin, glikogen, dan polisakarida nonpati.
a.     Pati
Pati merupakan simpanan karbohidrat dalam tumbuh-tumbuhan dan merupakan karbohidrat utama yang dimakan manusia di seulurh dunia. Pati terutama terdapat dalam padi-padian, biji-bijian dan umbi-umbina. Beras, jagung, dan gandum mengandum 70-80% pati; kacang-kacang kering seperti kacang kedelai, kacang merah dan kacang hijau 30-60% sedangkan ubi, talas, kentang dan singkong 20-30%.
Amilosa merupakan rantai panjangh unit glukosa yang tidak bercabang, swedangkan amilopektin adalah polimer yang susunanntya bercabang-cabang dengan 15-30 unti glukosa pada tiap cabangnya. Pada beras, semakin kecil kandungan amilosanya atau semakin tinggi kandungan amilopektinnya maka semakin pulen nasi yang diperoleh.
Dalam proses pencernaan semua bentuk pati dihidrolisis menjadi glukosa, pada tahap pertengahan akan dihasilkan dekstrin dan maltose.
b.   Dekstrin merupakan produk antara pada pencernaan pati atau dibentuk melalui hidrolisis parsial pati.
c.     Glikogen dinamakan juga pati hewan karena merupakan bentuk simpanan karbohidrat di dalam tubuh manusia atau hewan yang terutama terdapat di dalam hati dan otot. Glikogen dalam otot hanya dapat digunakan untuk keperluan energy di dalam otot tersebut, sedangkan glikogen dalam hati dapat digunakan sebagai sumber energy untuk keperluan semua sel tubuh.
d.     Serat makanan adalah polisakarida nonpati yang menyatakan polisakarida dinding sel. Ada 2 golongan serat yaitu yang tidak dapat larut dan yang dapat larut air. Serat yang tidak larut dalam air adalah selulosa, hemiselulosa, dan lignin. Serat yang larut dalam air adalah pectin, gumm, mukilase, glukan dan algal.
Selulosa, hemiselulosa dan lignin kerangka structural semua tumbuuh-tumbuhan. Selulosa melunakkan dan memberi bentuk pada feses karena mampu menyerap air sehingga membantu menggerakkan peristaltic usus, dengan demikian membantu defekasi dan mencegah konstipasi.
Pektin, gum dan mukilase terdapat di sekeliling dan di dalam sel tumbuh-tumbuhan. Pektin terdapat di dalam sayur dan buah terutama jenis sitrus, apel, jambu biji, anggur dan wortel.


Untuk Pencernaan, absorbsi, ekskresi dan metabolism karbohidrat dalam tubuh, dibahas selanjutnya…

0 komentar:

Posting Komentar